Bubulan. - Sebagai upaya peningkatan kapasitas dan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlimnas) Kecamatan Bubulan bekerja sama dengan Polsek dan Koramil Bubulan menggelar pelatihan Satlinmas, Rabu (16/10/2019). Pelatihan ini untuk Peningkatan Kapasitas Anggota Limnas Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi.

Pelatihan Satlinmas Desa di gelar dipendopo Kecamatan Bubulan mulai pukul 07.00 WIB. Sebanyak 58 Anggota Satlimas dari desa Se-Kecamatan Bubulan mengikuti acara tersebut.

Kegiatan pelatihan Satlimas Desa dibuka langsung oleh Camat Bubulan Agus Saiful Aris, S. IP. MM didampingi Sekcam Bubulan Mahesa Ghalendra, S. STP dan Kapolsek Bubulan AKP. Nugroho Basuki. dalam kegiatan pelatihan ini dilatih langsung dari Anggota Koramil Bubulan.

Dalam sambutannya Camat Bubulan Agus Saiful Aris, S. IP, MM menekankan bahwa peran limnas sangat dibutuhkan dan penting. Ini terlihat dari pengamanan mulai dari Pilkades, Pilkada, Pileg, dan Pilpres pengamanan di TPS diemban oleh Linmas.  Linmas di desa bertanggungjawab sebagai pengaman warga desa bergandengan  tangan dengan TNI-Polri. Dalam mengemban tugas Linmas memerlukan dedikasi tinggi, mempunyai kebangggan terhadap tugas yang diembannya. Linmas harus bisa menjadi pelindung, penengah dan solusi warga desa dari mulai tingkat RT. Kedepan Satlinmas sangat perlu perhatian lebih.ini yang akan saya upayakan bersama Kepala Desa. Tetap semangat Bapak-BApak. InsyaAllah dengan kita Ikhlas bekerja, pintu rejeki dibuka lebar-lebar oleh Allah SWT.

Narasumber yang hadir dari Satpol PP Kabupaten Bojonegoro memberikan pembekelan tentang tugas pokok dan fungsi Satlinmas sesuai peraturan yang mengatur Satlinmas.

Ahmad Gunawan Staff Ahli Bupati sebagai Narasumber menekankan bahwa tugas Satlinmas tidak hanya untuk pengamanan saja. Maaf saya prihatin melihat Satlinmas saat ini hanya sekedar dibuat guyonan/ figuran saja. Lihat di sinetron, Linmas hanya dijadikan bahan guyonan, bagian kalah-kalahan.

Satlinmas sekarang beda dengan Satlinmas sekarang. Kalau dulu Satlinmas hanya setara dengan ormas yang ada di desa. Tapi saat ini Komandan Linmas di desa adalah Kepala Desa. Komandan ne Linmas sekarang itu Kepala Desa, jadi kedudukan Linmas langsung dibawah Kepala Desa. Pungkas beliau yang juga pernah menjabat Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro.

Kasatpol PP Kecamatan Bubulan Nanang D Cahyono, S. Kom diakhir acara mengucapkan banyak terimakasih kepada Narasumber yang telah meluangkan waktu untuk mengisi acara. Terimakasih kepada Bapak Achmad Gunawan yang sampai saat ini telah membimbing saya, dari awal saya masuk Satpol tidak bosan-bosan membimbing saya. Terimakasih kepada Bapak-Bapak Linmas yang telah hadir. Tetap semangat Bapak-bapak Linmas. Tetaplah bangga dengan seragam yang kita pakai. Percayalah ada hikmah yang bisa kita dapatkan nantinya..

Kegiatan pelatihan ditutup jam 11.30 WIB dan dilanjutkan ramah tamah dengan makan bersama.


By Admin
Dibuat tanggal 17-10-2019
349 Dilihat