Bubulan.- Pembekalan Satlinmas Desa dalam persiapan pengamanan Pikades serentak gelombang III Tahun 2020 Kecamatan Bubulan, Sekar, Gondang, Temayang, Dander Satpol PP Kabupaten Bojonegoro hari Rabu (11/04/02019) di pendopo kecamatan Bubulan

Acara tersebut dihadiri perwakilan 3 (tiga) orang anggota Linmas di masing-masing desa di kecamatan Bubulan, Sekar, Gondang, Temayang, Dander. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini Camat Bubulan, Agus Saiful Aris, SIP, MM, Kapolsek Bubulan, AKP. Nugroho Basuki, Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro Arif Nanang Sugiyanto, SSTP.MM, Kasi Linmas Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, Rahmadan H, S. Sos, Staf Ahli Hukum dan Politik Kabupaten Bojonegoro, Ahcmad Gunawan, S. STP.

Dalam sambutannya Camat Bubulan Agus Saiful Aris, SIP, MM mengungkapkan tugas dan fungsi Satlinmas sesuai Permendagri nomor 10 tahun 2009, Tugas fungsi Linmas sangatlah berperan dalam kehidupan sehari-hari, Linmas yang merupakan ujung tombak aparatur dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal, dengan adanya aparatur Satlinmas dan kewenangan yang diberikan kepadanya dapat membantu aparat keamanan lainnya seperti (TNI, Polisi, Pol PP, dan lain-lain) dapat mudah terlaksana karena adanya perpanjangan tangan aparatur tersebut di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. Oleh karena itu diharapkan dengan telah dibentuknya struktur Linmas diharapkan juga kepada kepala desa dapat memanfaatkan Satlinmas sebagai aparatur yang dapat membantu mereka dalam urusan keamanan lingkungan, ketenraman dan ketertiban umum serta pengangulangan resiko bencana maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Dalam kaitan pilkades diharapkan Satlinmas bisa menetralisir gejolak yang ada di masyarakat. Anggota Linmas harus menjaga netralitas .”dulu tahun 2000an kebawah PNS memakai seragam Satlinmas dihari senin. Ini menunjukkan petapa pentingnya pertahanan sipil sangat dibutuhkan oleh Negara.” Kata camat Bubulan.

Camat Bubulan menambahkan jika Satlinmas harus meningkatkan kewaspadaan dimasyarakat, seringnya terjadi gejolak dimasyarakat karena kurangnya kewaspadaan kita. “ingat kita ini saudara, apabila masyarakat desa, masih sangat kental kekerabatannya, jangan sampai ini rusak hanya karena pilihan berbeda dalam Pilkades nanti.”tegas Camat Bubulan Agus Saiful Aris, SIP, MM.

Sambutan dilanjutkan oleh Kapolsek Bubulan AKP. Nugroho Basuki, dalam sambutannya menegaskan bahwa pengamanan dalam Pilkades nanti dilaksanakan oleh Satlinmas dan TNI/POLRI. Dalam Pilkades nanti TNI-POLRI netral, dan Satlinmas diharapkan bersikap sama. Ini untuk menjaga agar dalam pilihan Pilkades nanti berjalan kondusif.

Kegiatan selanjutnya diisi narasumber Satpol PP oleh Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro Arif Nanang Sugiyanto, SSTP.MM, Kasi Linmas Rahmadan H, S. Sos dan dari Staf ahli hukum dan politk Achmad Gunawan, SSTP Dalam penjabarannya menjelaskan tentang tugas dan fungsi Linmas di Desa. Tentang hak dan kewajiban Linmas di desa.

Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dengan makan bersama di pendopo kecamatan Bubulan dan berakhir pada jam 13.45 WIB.

 


By Admin
Dibuat tanggal 06-11-2019
283 Dilihat