Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Kecamatan Bubulan Bojonegoro © 2014
Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dinas Peternakan dan Perikanan Tahun 2019

Bubulan. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro hari Selasa (26/11/2019) mengadakan pelatihan budidaya Ikan lele PAC Muslimat Bubulan di Gedung NWCNU Kecamatan Bubulan.

Pelatihan tersebut diikuti oleh  50 orang yang berasal dari 5 desa se-kecamatan Bubulan dengan narasumber dari Kepala Peternakan dan Perikanan, acara tersebut dibuka langsung oleh Ibu Bupati Bojonegoro didampingi camat Bubulan Agus saiful Aris, SIP, MM.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan mengatakan, pelatihan budidaya ikan lele sudah berlangsung 3 kali. Dalam pelatihan di kecamatan Bubulan memberikan bantuan kepada 40 anggota kelompok. Pelatihan ini akan berlangsung selama 2 hari. Dalam pelatihan ini mencakup teknis budidaya ikan lele, praktek pembuatan kolam dari terpal.  Nantinya setiap kelompok akan diberikan bantuan benih ikan dan pakan ikan lele. Mudah-mudahan kelompok ini bisa berjalan dan berkembang sehingga bisa dijadikan contoh usaha dibidang perikanan. Dengan hasil ikan lele ini ibu-ibu diharapkan bisa menambah ekonomi keluarga, atau paling tidak bisa memenuhi protein hewani bagi keluarga.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro  Dr. Hj. Anna Muáwanah, berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Harus ada keterbukaan keuangan agar kegiatan bisa berjalan sesuai harapan. Untuk penerima bantuan beliau meminta tiap anggota kelompok tidak boleh dalam satu KK. jika budidaya ikan lele ini cocok untuk kawasan Bubulan, silahkan dilanjutkan.  saya berharap budidaya ini jangan sampai berhenti,

“jangan dibagi modalnya, tetapi yang dibagi itu untungnya. Setiap selesai panen, kolam harus segera di isi air agar kolam terpal bisa lebih awet, teknisnya bisa dijelaskan nanti ketika pelatihan pesan beliau”.

“Untuk pemasaran ikan lele di Kabupaten Bojonegoro masih terbuka luas. Karena pasar Bojonegoro pemenuhan ikan lele, dan hasil peternakan lainnya masih defisit. Untuk penjualan ikan lele tidak hanya ikan segar saja, tetapi bisa juga diolah menjadi ikan asap, atau sarden lele. Sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Ibu-ibu dengan usaha lele ini bisa memenuhi kebutuhan protein keluarga, utamanya anak, karena ikan lele juga bisa meningkatkan kecerdasan anak, pungkas beliau”

Kegiatan pembukaan pelatihan budidaya ikan lele selesai dan dilanjutkan ke materi yang disampaikan narasumber dari dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.